Vol.. 6, No. 02 (2019)
August 2019

Published: Aug 1, 2019

Vol.. 8, No. 02 (2020)
Juni 2020

Published: Jun 12, 2020

Vol.. 9, No. 01 (2020)
Desember 2020

Penelitian ini tentang evaluasi pengelolaan keuangan berdasarkan asas transparan, akuntabel, partisipatif, tertib dan disiplin anggaran di Desa Gunan, Kecamatan Slogohimo, Kabupaten Wonogiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana penerapan asas transparan, akuntabel, partisipatif, tertib dan disiplin anggaran dalam pengelolaan keuangan di Desa Gunan, Kecamatan Slogohimo, Kabupaten Wonogiri. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif guna memahami fenomena yang dialami oleh subjek penelitian dengan mendeskripsikan dalam bentuk kata-kata. Sumber data yang digunakan dalam penelitan ini berupa sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan mendeskrepsikan gambaran umum Desa Gunan, mendeskrepsikan dan menganalisis hasil wawancara, observasi dan dokumentasi, dilanjutkan dengan membandingkan analisis hasil wawancara, dokumentasi dan observasi. Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa pengelolaan keuangan Desa Gunan sudah berdasarkan pada asas transparansi, akuntabel, partisipatif, tertib dan disiplin anggaran, karena telah memenuhi indikator asas-asas pengelolaan keuangan desa. Dengan demikian pemerintah desa perlu menanamkan sikap kritis kepada masyarakat dan pemahaman asas pengelolaan keuangan desa secara efektif kepada aparatur desa, guna meningkatkan motivasi dan semangat bersama membangun desa. Dilakukan penyempurnaan secara berkelanjutan, tetap menyesuaikan situasi dan kondisi serta perkembangan peraturan perundang- undangan yang berlaku.

Published: Dec 15, 2020

Vol.. 9, No. 01 (2020)
Desember 2020

Penelitian ini mengambil obyek pada Kantor Korwil Bidang Pendidikan Kecamatan Puhpelem Kabupaten Wonogiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh sikap individu dan psikologi dan struktur organisasi terhadap kualitas kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) Bagian Penggajian pada Kantor Korwil Bidang Pendidikan Kecamatan Puhpelem Kabupaten  Wonogiri Tahun 2019.


Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan populasi seluruh kepala sekolah SD, Guru TK dan Guru SD se Korwil Bidang Pendidikan Kecamatan Puhpelem  Kabupaten Wonogiri. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 40 orang. Data penelitian menggunakan data primer berupa kuesioner. Data diuji dengan menggunkan uji validitas, uji reabilitas dan uji asumsi klasik. Data di analisis dengan analisis regresi linear berganda, uji parsial dan uji bersama-sama.


Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Sikap Individu dan Psikologi mempunyai Pengaruh positif (berpengaruh siknifikan) terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Koordinator Wilayah Bidang  Pendidikan Kecamatan Puhpelem .  Hal ini dibuktikan dengan tingkat signifikansi sebesar 0,003 yang lebih kecil dari 0,05 atau 5%, 2) Struktur Organisasi mempunyai Pengaruh positif (berpengaruh signifikan) terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Koordinator Wilayah Bidang  Pendidikan Kecamatan Puhpelem  . Hal ini dibuktikan dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 yang lebih kecil dari 0,05 atau 5%. 3) Sikap Individu dan Psikologi dan Struktur Organisasi secara bersama-sama (simultan) mempunyai Pengaruh positif (berpengaruh signifikan) terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Koordinator Wilayah Bidang  Pendidikan Kecamatan Puhpelem  . Hal ini dapat dibuktikan dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 yang lebih kecil dari 0,05 atau 5%.


Peneliti menyarankan untuk Pegawai Kantor Koordinator Wilayah Bidang Pendidikan Kecamatan Puhpelem bagian penggajian hendaknya meningkatkan kinerjanya, hal ini dimaksudkan untuk menumbuhkan suasana kompetitif dalam bekerja sehingga kompetensi yang dimiliki terus berkembang dan sifat disiplin kerja dapat selalu menjaga dan meningkatkan prestasi kerja..

Published: Dec 15, 2020

Vol.. 9, No. 01 (2020)
Desember 2020

Published: Dec 17, 2020

Vol.. 7, No. 01 (2020)
Februari 2020

Published: Apr 3, 2020

Vol.. 9, No. 01 (2020)
Desember 2020

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan sistem aplikasi perencanaan di Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Wonogiri dalam upaya untuk meningkatkan efisiensi kerja dan memudahkan pimpinan dalam mengontrol pekerjaan. Menurut UU Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional, bahwa perencanaan yang baik dilakukan berdasarkan pada data informasi yang akurat,valid dan akuntabel dengan mempertimbangkan sumber daya dan potensi yang dimiliki.


              Untuk mewujudkan perencanaan pembangunan bidang pemberdayaan mayarakat dan desa di Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa Kabupaten Wonogiri, maka sistem aplikasi secara online sangat membantu  terintegrasinya database  perencanaan yang dapat digunakan untuk data sistem yang lain,yaitu sistem anggaran, sistem evaluasi dan sistem monitoring. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan Sistem Aplikasi Perencanaan di Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa Kabupaten Wonogiri secara umum sudah sesuai dengan UU Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional, namun ketika dilakukan penginputan RKA pada sistem Aplikasi E-Planning dan E-budgeting belum bisa ditransfer atau disinkronkan dengan sistem aplikasi keuangan, sehingga pada awal tahun operator harus menginput ulang RKA di aplikasi Keuangan sehingga SDM yang sudah terbatas harus melakukan penginputan data berulang-ulang.


              Oleh karena itu diperlukan Aplikasi yang berkesinambungan yang menjawab semua informasi yang dibutuhkan antara sistem perencanaan dan sistem penganggaran serta peningkatan jumlah SDM  dalam mengelola Sistem Aplikasi Perencanaan tersebut.

Published: Dec 15, 2020

Vol.. 9, No. 01 (2020)
Desember 2020

Penelitian ini mengenai analisis pengaruh suku bunga deposito dan jumlah  nasabah deposito terhadap jumlah dana deposito di PT BPR BKK Wonogiri (Perseroda) Cabang Jatiroto tahun 2017 – 2019. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari suku bunga deposito dan jumlah nasabah deposito terhadap perkembangan jumlah dana deposito yang dapat dihimpun oleh PT BPR BKK WONOGIRI (Perseroda) Cabang Jatiroto. Sampel dari penelitian ini adalah data perkembangan tingkat suku bunga deposito dan jumlah nasabah deposito dari bulan Januari 2017 hingga Desember 2019 di PT BPR BKK Wonogiri (Perseroda) Cabang Jatiroto. Model penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif guna untuk memahami secara sistematik berdasarkan tujuan penelitian. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini berupa sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan metode dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis regresi linier berganda dengan menggunakan program komputer (software) SPSS versi 22.0 dan Microsoft Excel 2007.  Pembuktian hipotesis dari penelitian ini menggunakan uji F, uji t, dan uji koefisien determinasi(R2). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara bersama – sama variabel independen (suku bunga deposito dan jumlah nasabah deposito) berpengaruh signifikansi terhadap variabel dependen ( jumlah dana deposito). Nilai sig. <α (0,000 < 0.05) dan F hitung > F tabel (85,074 > 3,28).Hasil uji secara individu (parsial) variabel suku bunga deposito berpengaruh positif dengan nilai sig. 0,000 < 0,05 dan t hitung > t tabel ( 6,638 > 2,034 ). Hasil uji secara individu (parsial) variabel jumlah nasabah deposito berpengaruh positif terhadap jumlah dana deposito dengan nilai sig. 0,000 < 0,05 dan t hitung > t tabel ( 12,204  > 2,034 ). Nilai koefisien determinasi(R2) dari variabel suku bunga deposito (X1) dan jumlah nasabah deposito (X2) terhadap jumlah dana deposito (Y) sebesar 0,828 atau 82,8 dalam persentase (%), sedangkan sisa persentase sebesar 17,2% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak dimasukkan ke dalam penelitian ini.

Published: Dec 15, 2020

Vol.. 9, No. 01 (2020)
Desember 2020

Sistem indormasi pengelolaan dana Batuan Operasional Sekolah (BOS) saat ini masih menggunakan system semi komputerisasi, hal tersebut sering menimbulkan kesalahan yang merepotkan pihak sekolah dalam pembuatan rencana kegiatan dan anggaran sekolah serta buku kas umum.pengertian dana BOS sendiri adalah program pemerintah untuk penyediaan pendanaan biaya nonpersonalia bagi satuan pendidikan dasar dan menengah sebagai sarana pelaksanaan program wajib belajar 9 tahun. Program BOS bertujuan untuk membebaskan segala jenis biaya pendidikan bagi seluruh siswa SD, SMP negeri dan swasta di Indonesia dari biaya operasional sekolah. e-Kskul merupakan sistem informasi berbasis komputer yang dibuat untuk  menyedikan layanan lengkap dalam Pengelolaan Keuangan Sekolah. Dimana Sistem ini mengutamakan proses  yang tertib administrasi, akuntabilitas, transparansi dan Handal. Sistem informasi ini dapat membantu sekolah dalam proses penyusunan rencana kegiatan dan anggaran sekolah (RAKS) setiap tahun, dan penyusunan laporan dalam bentuk buku kas umun (BKU).

Published: Dec 15, 2020