Main Article Content

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh tingkat bagi hasil terhadap simpanan deposito di KSPPS BMT Atunnisa kebakkramat periode 2017-2019, Deposito merupakan salah satu produk dari perbankan syariah yang paling banyak diminati oleh anggota masyarakat, selain itu deposito juga merupakan produk perbankan syariah yang mengalami perubahan bagi hasil yang tidak menentu di setiap bulannya. Deposito sendiri mengalami peningkatan selama tahun 2017-2019. Di masa mendatang di harapkan deposito dapat menjadi alternatif investasi jangka pendek maupun investasi jangka panjang bagi masyarakat yang kelebihan dana.


Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan sumber data yang digunakan adalah berupa data sekunder di kspps bmt atunnisĀ  kebakkramat. Penelitian ini adalah laporan dari kspps bmt atunnisa kebakkramat dengan sampel penelitian dari laporan keuangan periode tahun 2017-2019. Metode yang di gunakan adalah metode kuantitatif dengan teknik regresi linier berganda. Metode analisis regresi linier berganda dengan presepsi tingkat bagi hasil simpanan deposito (X1), tingkat bagi hasil simpanan suka rela (X2), dan deposito (Y). Dari hasil pengujian koefisien regresi linier berganda nilai signifikan sebesar 0.000 yang berarti lebih kecil dari 0.05. Hasil uji R square yang diperoleh menunjukan bahwa variabel tingkat bagi hasil simpanan deposito mempengaruhi deposito sebesar 93.6%, hal ini berarti tingkat bagi hasil simpanan deposito berpengaruh signifikan terhadap deposito.


Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial dan simultan tingkat bagi hasil simpanan deposito dan tingkat bagi hasil simpanan sukarela berpengaruh signifikan terhadap deposito di kspps bmt atunnisa kebakkramat.

Keywords

: (Pengaruh Tingkat Bagi Hasil Terhadap Deposito).

Article Details

How to Cite
Anna Fatimah, & Estiningtyastuti. (2021). Analisis Pengaruh Tingkat Bagi Hasil Terhadap Simpanan Deposito di KSPPS Bmt Atunnisa Kebakkramat (Periode 2017-2019) Karanganyar. JABE (Jurnal Akuntansi, Bisnis Dan Ekonomi), 10(02). Retrieved from https://jurnal.stas.ac.id/index.php/jabe/article/view/43

References

  1. Referensi
  2. Daulay. (2011). Dalam skripsi pengaruh bagi hasil dan pendapatan terhadap simpanan mudharabah. Jakarta: universitas islam negeri syarif hidayatu
  3. Nelwani edi, yomi cesaria. (2013). Faktor-faktor yang mempengaruhi deposito mudharabah Pada bank umum. Sunan kalijaga: universitas islam negeri.
  4. Risqiana, risqi. (2010). Dalam skripsi pengaruh bagi hasil terhadal jumlah dana deposito syariah mudharabah pada banksyariah mandiri. Jakarta: UIN Hidayatullah.
  5. Republik indonesia, departemen agama. (2007). Al-Qur'an dan terjemahannya. Bandung: cv diponegoro.
  6. Ridwan, muhammad. (2004). Manajemen baitul maal wat tamwil. Yogyakarta:UII Press.
  7. sjahdeini, sutan remi. (2014). Perbankan syariah produk-produk dan aspek-aspek hukum.jakarta: kencana.
  8. Usman, rochmadi.(2014). Aspek hukum perbankan syariah di indonesia. Jakarta:sinar grafika.